Friday, November 15, 2013

Zodiak Gembira


On this last of dear October’s days, I got my treat.


Kejutan itu berupa bungkusan merah, yang di seal manis dengan pita mungil. Saat dibuka, semilir wangi potpourri pun hadir memanjakan. hhhhmmm… such a perfect treat for my Hallowen. Selain potpourri, tampak pula kotak putih kecil yang berhiaskan suatu simbol. Isinya memory card. Kontras sekali bukan? Paduan yang unik antara unsur modern dan unsur magis.



Terpampanglah file berjudul “Zombiku (Zodiak gembiraku)
Hah? Apa itu?


Saya yakin, banyak diantara kita yang sangat tertarik dengan zodiak. Pembacaan zodiak yang umumnya digunakan adalah menggunakan tanda mahari (sun sign). Saya pribadi termasuk yang cukup tertarik akan hal seperti itu. Tertarik yaa… bukan percaya total dan melumatnya bulat-bulat. Maklum, ayah saya berasal dari keluarga jawa kuno yang percaya bahwa setiap individu memiliki pattern karakter tertentu yang sangat personal dan dipengaruhi oleh waktu kelahirannya. Rubrik zodiak yang bertebaran di berbagai media, saya anggap sebagai senang-senang. Semacam gulali manis yang dinikmati sore hari. Hadiah kecil setelah seharian berkutat dengan penat. It's just for fun.

Lantas, mengapa saya memesan zodiak gembira? Karena saya suka segala sesuatu yang bersifat personal. Zodiak gembira menawarkan dua hal mengenai ketertarikan saya. Pertama, berupa pembacaan karakter. Kedua, berupa karya seni. It's highly irresistible . Apalagi dalam konteks personalitasnya. Pertanyaan selanjutnya adalah, kok bisa sih ketemu zodiak gembira? Jawabannya adalah karena saya cukup nge-fans sama dukun zodiak gembira. Serius. Nama dukunnya Sundea. Awalnya saya mengenal Kak Dea dari karya cerpen kolaboratifnya bersama Lala Bohang, seorang illustrator muda yang kece punya. Singkat cerita, selidik punya selidik ternyata Kak Dea ini dukun Zodiak gembira! 

Zodiak gembira tidak hanya menggunakan sun sign dalam pembacaannya, melainkan melibatkan pula posisi planet dan “rumah”. Jadi pada akhirnya, chart zodiak seseorang itu akan tersusun dari 12 “rumah” dan 12 lambang zodiak yang saling berpadu membentuk dua roda komplementer antara satu sama lainnya. Bingung? Tertarik? Ah… udah deh mendingan ikut pesen zodiak gembira juga disini.

Sekarang mari-mari kita simak (sedikit) hasil terawangan Kak Dea.




Ego – 

Jadi kamu ini Solar Aquarius. Mau kayak apapun pembawaannya, Solar Aquarius biasanya ada rebel-rebel-nya. Kamu nggak takut beda sama orang lain, bahkan ada kalanya kamu memang sengaja kepengen ngelawan mainstream.
Rumah ke-1 kamu ada di Taurus. Ini bikin kamu jadi orang yang berprinsip slowly but sure. Biasanya kamu tau apa yang kamu mau, tau gimana cara sampe ke sana. Kamu setia sama pola dan kebiasaan. Karena itu, kamu nggak suka kalo pola dan kebiasaan kamu digeser, sekecil apapun pergeserannya.
Matahari kamu ada di rumah ke-10, house of achievement and career. Posisi ini bikin kamu jadi pekerja keras dan suka ngebuat goal-goal sendiri di apapun yang kamu lakuin. Kamu butuh otoritas. Kamu lebih suka mimpin daripada dipimpin. Lebih suka ngatur daripada diatur.
Am I Rebel? Yes! Am I enjoy put my ass on tight damn fix schedule? Yes! Yes! Am I prefer to control everything under my heels? Yes! Yes! Yes! OMYGOD... Jadi kesimpulannya semua bener banget!! Fakta mengenai rumah pertama saya yang berada di Taurus pun cukup menggelitik. Because somehow it is easy for me to get attracted with Taurus man. Padahal menurut kompatibilitas umum, Taurus dan Aquarius itu enggak cocok. So, I think this is a good explaination for my case. Salah satu teman baik sejak SMA bahkan memberikan julukan spesial buat saya. Dia bilang saya adalah wanita yang hobi melihara banteng. ahahahaha! 


Ambisi – 
Di chart zodiak, faktor yang ngerepresentasiin ambisi adalah Mars. Mars kamu ada di Capricorn. Capricorn ini rasi yang dikuasain Saturnus, planet yang ngerepresentasiin pembatasan. Saturnus sering diasosiasiin sama stereotipe figur ayah; ada otoritas, disiplin, tanggung jawab, aturan, kerja keras, status sosial, self control, sekaligus tempat bersandar untuk orang-orang yang dia sayang. Apa yang jadi ambisi kamu biasanya nggak jauh-jauh dari materi atau status sosial.
Mars kamu ada di rumah ke-8. Rumah ke-8 ini sering dikaitin sama drama, krisis, trauma, seks, dan kematian. Terlihat seram, ya? Tapi nggak juga, kok. Posisi Mars di sini bikin kamu jadi orang yang ngehargain dan ngejaga baik-baik apa yang kamu punya karena kamu nggak mau keilangan. 
Untuk urusan harta dan tahta, saya gak terlalu tertarik. Bukan pembenaran lho yaa... Serius ini. Menurut saya materi atau status sosial bukan lah ambisi yang kudu banget dikejar. I am far from that. Interpretasi dari posisi mars pada rumah yang berisi drama, krisis, trauma, seks, dan kematian itu pun cukup membuat saya tertegun beberapa saat. Entah mengapa. Namun satu hal yang pasti, kalimat terakhir di atas sangat tepat. Saya memang tipikal individu yang lebih baik "merasa" daripada "tidak pernah merasa sama sekali". 


Percintaan –
Di chart zodiak, planet yang ngereprsentasiin percintaan adalah Venus dan rumah yang ngerepresentasiin hubungan adalah rumah ke-7. Venus kamu ada di Capricorn. Soal hubungan kamu cukup klasik dan konservatif. Komitmen, pernikahan, setia sama satu pasangan, adalah hal-hal yang penting buat kamu. Yang harus jadi perhatian adalah kamu nggak ngomong terus terang kalo kamu butuh ini itu, kamu pengen pasangan kamu sadar sendiri. Kamu nggak mau dengan ngomong terus terang kamu jadi keliatan nggak terkontrol lagi.
Rumah ke-7 kamu di Scorpio. Ini bikin kamu jadi orang yang sensual dan intens banget sama pasangan kamu.
Sensual? ... Enough said for this one. 


Emosi –
Di chart zodiak, planet yang ngerepresentasiin emosi adalah bulan. Bulan kamu ada di Scorpio. Menurut primbon, Lunar Scorpio seeks for emotional intensity. Kamu bukan jenis orang yang takut ngegali trauma untuk lebih kenal sama diri kamu sendiri. Kamu orang yang powerful. Meskipun nggak keliatan gahar di luar, kamu nggak gampang diintimidasi.
Bulan kamu ada di rumah ke-6, house of work, health service, and well-being. Posisi bulan di sini bikin kamu punya kebutuhan emosional yang tinggi untuk selalu produktif dan berguna.
Produktif dan berguna... whoooaaaa, berasa workaholic banget yaa ?! hihihihi. Kak Dea ini bisa aja deh. Pada kenyataannya saya juga suka leyeh-leyeh dan gulang-guling. I know how to work hard and play (more) hard. mwahahahahahahahha!


Komunikasi –
Di chart zodiak, planet yang ngerepresentasiin komunikasi adalah Merkurius. Merkurius kamu ada di Aquarius. Orang dengan Merkurius di Aquarius berkomunikasi dengan pengaruh. Kamu nggak banyak ngomong, tapi lewat sikap, pandangan, dan kesukaan-kesukaan kamu yang kamu tunjukin, orang tau-tau udah ngikutin paham kamu, aja.
Merkurius kamu ada di rumah ke-9, house of philosophy, travel, and higher learning. Artinya, kamu punya ketertarikan yang kuat sama ilmu pengetahuan. Kamu seneng mempelajari macem-macem hal, terutama kalo berkaitan sama budaya dan masyarakat. 
Berasa kece badai banget pokoknya pas baca bagian komunikasi...


Begitulah  sekelumit  petikan pembacaan karakter saya oleh dukun Zodiak Gembira. Hebatnya lagi, disisipkan pula lagu soundtrack  yang menurut sang dukun match dengan karakter saya. (sakti mandraguna banget lah pokoknya!). Saya sangat kagum pada keahlian Kak Dea dalam "menjahit" setiap bagian pembacaan karakter. Fungsi dari zodiak gembira bukanlah future (misalnya bakal nikah sama siapa, kerja apa, dapet sial hari apa, dsb.), akan tetapi lebih berfokus kepada pemahaman natur diri.


Jangan salah! Kejutan manis ini belum berakhir! 
Ada satuuu lagi yang personal dan sukses membuat jantung saya berdegup liar. Deg-deg'an banget. Asli.


...drum rolls... 
Ya! 
Semua efek samping itu disebabkan oleh personal artwork dari Kak Rukmunal Hakim. OMYGOD! artwork-nya keren banget.nget.nget.nget. Udah nggak ngerti lagi mesti ngomong apa. 

Penasaran? 
Lihat sendiri deh



GOD... seandainya saja punya tatto itu enggak haram hukumnya, I am definitely gonna put it on my skin! Kebayang banget deh, artwork itu dijadiin tatto untuk punggung kiri. Diameter 10cm'an cukup kali yaaa... Jujur nih, punya tatto adalah salah satu hasrat terpendam saya. Awalnya saya ingin sekali punya tatto bertuliskan "Budi" (just like my middle name), dengan menggunakan aksara jawa yang dirajahkan ke lengan kanan bawah. Sekarang, nambah lagi deh wishlist tattoo-nya. khuhuhuhu!

Ok fokus sama 
artwork zodiak gembira lagi. Saya sendiri sesungguhnya belum tahu makna dari setiap detail gambar. Banyak sekali yang ingin saya tanyakan, mulai dari pemilihan jenis bunga dan maknanya, mengenai makna pisau yang terbelah, serta batang pepohonan yang memagari artwork. Namun dari seluruhnya, yang paling ingin saya tanyakan adalah mengapa potongan rambut wanitanya seperti itu?



Am I happy for this treat?
Oh... I'm beyond more than happy.







with  hug,
Indah Budi Utari

No comments:

Post a Comment