Tuesday, July 1, 2014

Terus Terang Saja



apakah aku ini tepung terigu atau gumpalan kapas 
atau cabe busuk yan merosot harganya sehingga harus ditolong
atau kayu gelondongan bahan baku plywood kualitas ekspor 
dari hutan-hutan
yang kini botak
karena HPH dan gergaji mesin pembangunan keadilan berkemakmuran
dan kemakmuran berkeadilan


siapakah aku ini
kaki kursikah
atau botol kosong
atau rakyak lebak yang harus bekerja bakti mencabuti rumput halaman kadipaten
karena tuan pejabat gubernurmen mau lewat
apakah aku ini rakyat yang berdebar-debar di sekitar hari proklamasi
menyimak pidato soekarno
apakah aku ini si bagero  yang sudah merdeka?
ataukah tetap jugun ianfu yang tak henti - henti diperkosa perusahaan multinasional
yang menuntut kenaikan upah
ditangkap
dan dijebloskan 
ke dalam penjara?

apakah aku ini cuma angka - angka
yang menarik untuk bahan disertasi 
dan meraih gelar doktor
yang tidak berotak
tidak bermulut
yang secara rutin dilaporkan kepada bank dunia
sebagai jaminan utang
dan landasan
tinggal landas?


sekarang demokrasi sudah 100%

bulat
tanpa debat
tapi aku belum menjadi sejati
karena aku dibungkam oleh demokrasi 100%
yang tidak bisa salah


namun aku sangsi

karena kemelaratan belum dilumpuhkan
aku sangsi pada yang 100% benar
terus terang saja!








Wiji Thukul,
2 Oktober 96'



No comments:

Post a Comment